Percaya atau tidak, peluang bisnis dengan segmen konsumen wanita adalah peluang bisnis yang paling menggiurkan saat ini. Terlebih dalam bisnis online yang semakin familiar bagi masyarakat Indonesia saat ini, wanita merupakan salah satu dari tiga konsumen potensial untuk bisnis online yang mana dua selainnya adalah kalangan muda (youth) dan pengguna aktif internet (netizen). Dalam bisnis secara umum pun, wanita merupakan target utama para tenaga pemasar (salesman).
Bagi seorang tenaga pemasar, penting untuk mengklasifikasikan siapakah pembeli/yang akan membayar (buyer), pengguna (user), dan pembuat keputusan (decision maker) terkait produk yang akan ditawarkannya. Seorang tenaga pemasar yang jeli akan langsung mendekati sang pembuat keputusan saat ia menawarkan produk yang di jual. Dalam menawarkan produk yang diperuntukkan untuk keluarga misalnya, sekalipun pihak yang akan membayar adalah suami/ayah, tapi untuk urusan keluarga, kebanyakan yang menjadi pembuat keputusan adalah istri/ibu. Bisa saja mungkin sang istri/ibu memang tidak akan memutuskan secara tegas tapi ia akan tetap memberikan pengaruh kuat terhadap keputusan yang akan diambil. Inilah yang biasanya dilihat oleh seorang tenaga pemasar.
Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas peluang bisnis apa saja yang bisa anda garap untuk memasuki segmen konsumen wanita.
1. Fashion
Bisnis fashion adalah salah satu bisnis dengan ceruk pasar yang sangat besar. Ragam produk fashion yang begitu banyak, mulai dari baju, celana, jaket, rok, tas, dompet, sepatu, dan lain sebagainya, merupakan produk-produk yang sangat digemari wanita. Untuk masalah harga, anda tidak perlu khawatir, masing-masing range harga memiliki peminatnya masing-masing. Anda hanya harus memastikan dapat mempromosikannya ke orang-orang yang tepat. Pilihan metode promosi dan pemasarannya pun dapat anda lakukan secara offline maupun online.
2. Kecantikan/kosmetik
Kecantikan dan wanita ibarat dua sisi mata uang. Satu dengan yang lainnya hampir tidak bisa dipisahkan. Menggarap peluang bisnis produk kecantikan dan kosmetik adalah langkah yang tepat untuk memperoleh cash flow yang cepat bagi keuangan anda. Produk-produk yang menjadi favorit dikategori ini antara lain pemutih/pencerah wajah, produk antiaging, dan make up dekoratif semisal bedak, lipstik dan semacamnya.
3. Perawatan tubuh
Wanita sangat perhatian terhadap tampilan luar untuk kecantikan wajah dan bentuk tubuh. Bagaimanapun, penilaian terhadap tampilan fisik sangat menjadi perhatian bagi wanita. Produk-produk perawatan tubuh seperti lulur atau body lotion, suplemen pelangsing, dan sebagainya akan terus diminati oleh wanita.
4. MLM atau Peluang bisnis
Selain meminati produk-produk yang penggunaannya untuk pribadi, ternyata wanita juga memiliki minat yang tinggi terhadap tawaran untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak aneh jadinya ketika MLM banyak yang menyasar segmen wanita karena memang tingginya minat dari para wanita. Umumnya MLM yang menawarkan peluang bisnis dengan produk-produk seputar wanita atau kebutuhan keluarga jauh lebih diminati dibandingkan dengan yang menawarkan produk selainnya.
5. Peralatan rumah tangga
Menggarap peluang bisnis dengan produk berupa peralatan rumah tangga ternyata memiliki potensi yang cukup besar. Produk-produk semacam wadah-wadah seperti tupperware, atau peralatan memasak seperti happy call sempat mencuri perhatian saya karena begitu booming dipasarkan secara online. Bila anda bisa menyasar segmen pasar yang tepat, yakni ibu-ibu atau minimal wanita yang sudah menikah, potensi untuk sukses akan selalu terbuka. Jangan lupa, urusan dapur dan peralatan rumah tangga adalah area ‘kekuasaan mutlak’ wanita.
0 comments:
Post a Comment