Blog berisi artikel seputar peluang bisnis, tips bisnis, serta inspirasi bisnis

Tips Membuat Konsumen Anda Lebih Loyal

Tips membuat konsumen anda lebih loyal- Konsumen merupakan jantung dalam bisnis anda. Tanpa adanya konsumen maka tidak akan terjadi penjualan dan jika tidak terjadi penjualan maka tidak aka nada yang namanya keuntungan. Maka dari itu, supaya keuntungan bisnis atau usaha anda terus meningkat, anda harus memiliki strategi yang bagus untuk membuat konsumen anda menjadi lebih loyal membeli produk anda.

Sayangnya, tidak semua pebisnis memikirkan hal ini. Banyak dari mereka yang hanya memikirkan bagaimana produknya cepat laris terjual tanpa adanya loyalitas dari konsumen. Padahal, dengan adanya loyalitas dari konsumen dapat membuat konsumen tersebut kembali lagi untuk membeli produk anda atau yang biasa disebut repeat order. Dengan adanya repeat order maka keuntungan yang anda dapatkan bisa mencapai 3 kali lipat.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk membuat konsumen menjadi loyal dalam membeli produk usaha atau bisnis anda. Berikut ini saya akan berikan beberapa tips untuk membuat konsumen anda menjadilebih loyal :

Memahami Kebutuhan Konsumen
Setiap konsumen biasanya selalu membentengi diri mereka dari berbagai macam penawaran produk, karena itu anda tidak bisa menawarkan produk anda secara langsung. Anda harus memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen anda. Buat para konsumen merasa jika anda dapat memahami kebutuhan mereka. Dengan memahami kebutuhan konsumen maka akan tercipta kepercayaan atau consumer trust sehingga konsumen anda bisa menjadi lebih loyal untuk membeli produk anda.

Berikan Penawaran yang Menarik
Dalam memberikan sebuah penawaran atau diskon maka buatlah penawaran yang tidak bisa ditolak oleh para konsumen anda. Misalkan anda menjual gadget second, maka anda bisa memberikan penawaran berupa “Diskon 50 % untuk semua gadget hanya dalam waktu 2 jam saja” tetapi sebelum memberikan penawaran ini anda juga harus memperhitungkan untung dan ruginya. Saat ini, tidak sedikit para pelaku bisnis yang melakukan cara ini sehingga produk mereka bisa laris terjual dan para konsumen menjadi loyal terhadap bisnis mereka.

Garansi Produk
Konsumen akan menjadi lebih loyal jika produk yang anda jual memiliki jaminan atau garansi yang bagus. Misalkan anda memiliki toko online yang menjual pakaian, maka anda bisa memberikan garansi berupa “Garansi penukaran barang jika ada yang rusak, garansi ini berlaku 24 jam setelah barang sampai dirumah anda.” Dengan cara seperti ini kepercayaan konsumen semakin meningkat dan konsumen juga akan semakin loyal.

Membangun Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Dengan membangung suatu komunikasi dan hubungan yang baik terhadap konsumen, maka anda tidak perlu heran jika nantinya konsumen anda akan semakin loyal kepada anda. Bangunlah hubungan yang baik, seperti memberikan kartu ucapan selamat ulang tahun pada saat konsumen anda sedang berulang tahun, atau menjenguk mereka disaat mereka sedang sakit. Dengan cara ini, konsumen bukan hanya sebagai pembeli tapi juga bisa menjadi sahabat karib anda, sehingga konsumen menjadi loyal untuk membeli produk yang anda jual.

Tips Membuat Konsumen Anda Lebih Loyal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muslimpreneur

0 comments:

Post a Comment