Tips membuat konsumen anda lebih loyal- Konsumen merupakan jantung dalam
bisnis anda. Tanpa adanya konsumen maka tidak akan terjadi penjualan dan jika
tidak terjadi penjualan maka tidak aka nada yang namanya keuntungan. Maka dari
itu, supaya keuntungan bisnis atau usaha anda terus meningkat, anda harus
memiliki strategi yang bagus untuk membuat konsumen anda menjadi lebih loyal
membeli produk anda.
Sayangnya,
tidak semua pebisnis memikirkan hal ini. Banyak dari mereka yang hanya
memikirkan bagaimana produknya cepat laris terjual tanpa adanya loyalitas dari
konsumen. Padahal, dengan adanya loyalitas dari konsumen dapat membuat konsumen
tersebut kembali lagi untuk membeli produk anda atau yang biasa disebut repeat
order. Dengan adanya repeat order maka keuntungan yang anda dapatkan bisa
mencapai 3 kali lipat.
Maka dari
itu, sangatlah penting untuk membuat konsumen menjadi loyal dalam membeli
produk usaha atau bisnis anda. Berikut ini saya akan berikan beberapa tips untuk membuat konsumen anda menjadilebih loyal :
Memahami Kebutuhan Konsumen
Setiap
konsumen biasanya selalu membentengi diri mereka dari berbagai macam penawaran
produk, karena itu anda tidak bisa menawarkan produk anda secara langsung. Anda
harus memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen anda. Buat para konsumen
merasa jika anda dapat memahami kebutuhan mereka. Dengan memahami kebutuhan
konsumen maka akan tercipta kepercayaan atau
consumer trust sehingga konsumen anda bisa menjadi lebih loyal untuk
membeli produk anda.
Berikan Penawaran yang Menarik
Dalam
memberikan sebuah penawaran atau diskon maka buatlah penawaran yang tidak bisa
ditolak oleh para konsumen anda. Misalkan anda menjual gadget second, maka anda
bisa memberikan penawaran berupa “Diskon 50 % untuk semua gadget hanya dalam
waktu 2 jam saja” tetapi sebelum memberikan penawaran ini anda juga harus
memperhitungkan untung dan ruginya. Saat ini, tidak sedikit para pelaku bisnis
yang melakukan cara ini sehingga produk mereka bisa laris terjual dan para
konsumen menjadi loyal terhadap bisnis mereka.
Garansi Produk
Konsumen akan
menjadi lebih loyal jika produk yang anda jual memiliki jaminan atau garansi
yang bagus. Misalkan anda memiliki toko online yang menjual pakaian, maka anda
bisa memberikan garansi berupa “Garansi penukaran barang jika ada yang rusak,
garansi ini berlaku 24 jam setelah barang sampai dirumah anda.” Dengan cara
seperti ini kepercayaan konsumen semakin meningkat dan konsumen juga akan
semakin loyal.
Membangun Hubungan yang Baik dengan Konsumen
Dengan
membangung suatu komunikasi dan hubungan yang baik terhadap konsumen, maka anda
tidak perlu heran jika nantinya konsumen anda akan semakin loyal kepada anda.
Bangunlah hubungan yang baik, seperti memberikan kartu ucapan selamat ulang
tahun pada saat konsumen anda sedang berulang tahun, atau menjenguk mereka
disaat mereka sedang sakit. Dengan cara ini, konsumen bukan hanya sebagai
pembeli tapi juga bisa menjadi sahabat karib anda, sehingga konsumen menjadi loyal untuk membeli produk
yang anda jual.
0 comments:
Post a Comment